Senin, 06 Februari 2012

Pria Jawa


Beberapa waktu lalu “pria jawa” menjadi tema pembicaraan hangat antara gw, viwi dan ade. Awalnya bermula ketika gw mengajak mereka ke sebuah museum di Jakarta. Di dalam museum tersebut terdapat sebuah tempat tidur yang dalam istilah jawa dinamakan pasrean.  Setelah gw panjang lebar menjelaskan istilah pasrean plus dua patung imut di depannya yang dikenal dengan istilah Loroblonyo tiba-tiba ade cerita bahwa dia mengagumi sosok pria jawa.

Menurut ade yang paling membuat tergila-gila dari sosok pria jawa adalah Kharisma nya. Pertama kali terpesona dnegan pria jawa adalah ketika naik kereta prameks dari solo ke Jogja, ada seorang pria jawa yang duduk bersebrangan dengan dirinya. Langsung ajah tuh mata gak berenti  ngeliatin si pria jawa itu hingga si pria jawa pun ke geran dan memilih untuk pindah duduk.

Pembicaraan iseng di ruangan sebuah museum kemudian berlanjut ke ranah dunia maya. Dari obrolan, komentar dna twit nyamber beberapa teman, bisa gw ambil kesimpulan kalo beberpa teman (termasuk gw) mengidolakan pria jawa karna beberapa  alas an sebagai berikut: Pria jawa itu…….

1.       biasanya nrimo dan gak macem-macem.
2.       telaten
3.       rajin
4.       ngemong
5.       berkharisma

selain itu salah satu faktor yang menjadikan kami mengidolakan pria jawa karena bapak kami adalah pria jawa dengan kelebihan dan kelembutan yang membekas di kalbu. FYI ajah nih beberapa diantara kami sudah kehilang bapak. Yah bapak kami begitu baik hati hingga Tuhan pun terlalu sayang padanya dan memanggilnya lebih dulu.

Obrolan  ngaco dan iseng ini pun berakhir ketika seorang teman (baca Salsa) tiba-tiba memberikan pandangannya sebagai Pria Jawa (walau gak tau juga jawa nya dr mana). Berikut adalah petikan twit nya Salsa.

“ Mereka adalah pria2 yang santai, tidak terlalu menggebu2, tp sekali mereka tertekan mereka akan memberontak sekuat tenaga #priajawa

“pada umumnya pria jawa itu tenang, penuh perhitungan, dan lebih menghargai sesama... bahasa lainnya ora grusa-grusu lan prihatin#priajawa

Gw pribadi setuju dengan yang satu itu. Mungkin itu pula yang bs bikin kami mengidolakan pria jawa.
Satu hal yang mau gw bilang adalah “semoga benar2 bisa menemukan pria jawanya yah”

“selamat datang di klub penggemar pria jawa”

4 komentar: