Rabu, 08 Februari 2012

Treking iseng ke Arca Domas

OKEH ini adalah fr trip setahun yg lalu, kebetulan buka2 file di pc dan baru ngeh ternyata gw belum menyelesaikan fr ini... semoga gak basi

Trecking izeng ini sebenernya berawal dr ngobrol2 di kereta ekonomi ac sepulang dari Midnight trail januari 2011 lalu. Kemudian obrolan pun dipindahkan ke triid yang juga gw buat. Awalnya sih direncanakan mau jalan tgl 12-13  Maret 2011 tp karna yang empunya ide, dua2 nya mau minggat dr Jakarta di Bulam Maret maka trecking izeng ini pun dimajukan jd tgl 27 Februari 2011 dan hanya pp. setelah ada keputusan tersebut, maka di buat trid baru dengan maksud untuk sharing ajah karna emang yang empunya ide juga gak tau jalan ehhehehehe….setelah coment2 penting dan juga coment2 OOT maka disepakati meeting point di Stasiun Bogor jam 7.30 WIB.

Sabtu, 26 Februari 2011
Pasang status minta dibangunin plus coment di wall nya tante Meilan juga menta dibangunin pagi2…takut bablas soalnya…ternyata yang menta dibangunin bukan Cuma gw  tp  cojack dan mamat juga  menta di bangunin pagi2…

Rumah gw 05.00 WIB
Begitu bangun langsung ngambil Hape untuk sms cojack.
Gw : Cojack…cojack udah bangun belum?
Cojack : udah...ne baru mau jalan ke stasiun..
Lega juga dapet tuh sms yang pasti di kepala gw yang ada adalah nih orang bakal datang tepat waktu secara jam 5 dah mu jalan ke stasiun pan….tadinya mau sms mamat juga mau ngebangunin tp kan gak penting juga siihhh gak tau nope nya lagi soo ….. siap2 dehhhhh

Stasiun Depok 06.00
Sambil nunggu kereta tiba2 ada sms dari cojack yang bunyinya “ hiks2 gw ketinggalan kereta pagi”
….oooo mulai bad feeling nih…..

Stasiun Bogor 07.20
Begitu sampe langsung liat jam…hohoho belum jam 07.30, berarti gw gak telat…abies itu langsung celingak celinguk nyari batang hidung anak2 yang laen…hmmm ternyata gak ada tuh…ya udah langsung sms ajah ..ternyata tante meilan udah sampe duluan dan nunggu di lobby depan… setelah berhasil menemukan tante meilan kita langsung ke luar stasiun dan mencoba mencari makanan buat persedian ramsum. Balik ke stasiun ternyata mbok Heny udah ada di depan kasir nya Dunkin donat, lagi mu mesen sarapan….
Gak lama kemudian dateng lah mamat dan jarvik di ikuti sama nungki dan semuanya pada sarapan di dunkin , Sekalian nunggu hana, cojack dan sang ngintil.com Arif. Menu sarapan  pagi itu ala ala Bule deh Sandwich atau croissant dan minumnya hot tee atau hot coffe. ngobrol…ketawa ketiwi…foto foto…minum kopi…..ketawa lagi….foto lagi dan ketawa lagi….
Sampai jam 9 pagi, dua manusia aneh belum juga datang, yang satu ketinggalan kereta di Tanggerang dan masih di kota, yang satunya lagi plin plan. Minta ikut tapi sms kalo di depok hujan jadinya males keluar, padahal kan rumah gw juga di depok dan kayak kering2 ajah tuh,  trus tiba-tiba sms lagi kalo udah di jalan menuju Stasiun. Sebenernya sih cojack udah sms minta ditinggal ajah kalo kelamaan, tapi setelah berembuk, kita putuskan untuk menunggu saja karna kali ini kita semua emang gak ada yang tau jalan dan kemungkinan nyasar itu besar.

sekitar jam 10an pasukan akhirnya lengkap….tapi masih belum beranjak dari dunkin donat. Masih ketawa2 dan memenuhi panggilan alam ke toilet dulu.

Jam 11an (lupa tepatnya, maklum udah lama), kami pun beranjak keluar dari stasiun dan mengarah ke taman topi. Dari depan taman topi langsung tawar menawar dengan abang-abang angkot. Setelah trejadi kesepakatan, rombongan langsung naik ke angkot dan perjalanan pun dimulai.
Pada initinya sih kami semua gak ada yg tau dimana letak arca domas sebenarnya cuma karna penasaran dan iseng akhirnya nekat jalan. Modal nanya kanan kiri akhirnya angkot berhenti di depan sebuah vila, yang katanya milik salah satu mantan pejabat. Ketika turun ujan mulai turun tp cuma rintik-rintik sih. Plus ditambah lagi beberapa teman mulai mengeluh sakit mag.
Begitu turun yang dilakukan adalah ngumpulin duit buat bayar angkot trus nanya-nanya ke penduduk sekitar gimana caranya mencapai arca domas. Setelah Tanya-tanya kami pun mulai trekking membelah padang rumput. Agak turun dan gak lupa foto-foto dong.

Gak berapa lama jalan kami tiba di sebuah perkampungan. Menurut bapak-bapak yang kami sempat kami tanyai, ini kampung terakhir sebelum arca domas. Jd kalo mau beli minum dll mending sekarang. So tanpa membuang waktu kami pun mulai mencari warung untuk sekedar mengisi perut yang lapar terutama untuk teman-teman yang punya penyakit mag. Menu nya sederhana cuma mie instan rebus plus camilan kecil oleh-oleh dari kojek yang baru ajah mudik.
Kami makan di teras sebuah rumah sederhana, udah gitu bapak pemilik rumah nya baik banget loh, beliau langsung mengeluarkan gelas dan menyediakan kami minum. Puas makan-makan, minum-minum, ngakak dan foto-foto kami pun melanjutkan perjalanan.

Jalan berkelok kelok kami lalui tp jalurnya gak ekstrim kok. Biasa ajah. Pemandangannya juga indah kok. Dari kampung itu sampai ke arca domas gak butuh waktu lama. Setengah jam juga sampe.

Sampe di lokasi langsung nyari orang yg bisa ditanya tanya. Sambil nunggu, kami pun sempat melaksanakan solat Zuhur. Tempatnya enak banget. Hijau, dipenuhi hutan pinus dan adem banget plus udaranya sejuk.
Kata Arca Domas sendiri berarti ”800 patung”. Arca berarti patung, dan Domas berarti delapan ratus. Domas berasal dari kata ”dua” dan ”omas”. Omas berarti empat ratus. Sehingga ”domas” adalah 2x400 menjadi 800.
Area Arca Domas Cibalay sendiri, secara keseluruhan luasnya sekitar 4 hektar. Di area utama, puncak bukit, disebut ”pusar” (bahasa sunda=bujal). Di tengah-tengahnya ada batu tegak berbentuk segitiga yang melambangkan Gunung Salak. Di sekelilingnya dilingkari susunan batu-batu yang terhampar melingkari batu segitiga. Diameter lingkaran, sekitar 3 atau 4 meter. Agak ke belakang dari ”pusar”, yang paling belakang, ada 3 batu berdiri tegak berbentuk segi empat memanjang. Kalau diperhatikan tiga batu itu, melambangkan huruf arab. Yakni: huruf ”alif”, ”lam” dan ”ha”, yang berarti ”Allah”.

Terdapat legenda bahwa tempat ini merupakan salah satu petilasan kerajaan Pajajaran . Diceritakan Tahun 1527 prajurit-prajurit Fatahillah yang Islam dari Cirebon dibantu Kerajaan Banten mulai menyerang Kerajaan Hindu Pajajaran. Banyak pejabat-pejabat istana kerajaan Pajajaran yang bersembunyi di hutan-hutan yang salah satunya ketempat ini .
Yak, arca domas emang merupakan situs megalitikum yang berasal dari jaman prasejarah, jaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Jadi yang bakalan di lihat disana adalah batu-batu super besar yang disusun sedemikian rupa namun mempunyai arti dan filosofi. Menurut penjaga situs ini, banyak orang yang datang kesana dengan tujuan untuk berziarah. Nah untuk yang satu ini kami menyaksikan sendiri, ada sekelompok orang yang datang untuk berziarah dengan membawa berbagai macam bunga-bungaan (hal ini pula yang membuat kami harus menunggu untuk menjelajahi arca domas).
Setelah rombongan peziarah ini pulang, kami pun diberi ijin untuk melihat-lihat lokasi arca domas. (liat di foto yak) sebenarnya lokasi ini luaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaasssssssss banget cuma entah kenapa kami hanya diijinkan berkeliaran di sekiatar situ aja. Tak lupa sang pemandu mendampingi kami. ada percakapan yang lucu dari si pemandu.

Bapak2: "Semua itu butuh proses.... Proses itu juga sejarah, kan ada yang tersirat dan yang tersurat. Silahkan dipelajari duklu. Semua butuh proses"

Mei: "aseeemmm... kalo nggak bapak-bapak gw ajak balik ke jakarta juga nech [ngomong dalam hati]

kojek: "semua itu memang butuh proses... proses itu sejarah... dem. Bilang aja bagi duit guide pak

Asik foto-foto tiba-tiba gedubrak, si mamat pun jatoh. Abies itu dengan cengar-cengir dia bilang “ aduh sendal gw licin nih makanya jatoh” dan yang lain pun tertawa. Sesi foto-foto kemudian dilanjutkan.
Suasana semakin seru ketika kojek mengeluarkan tripod nya dan juga RK alias remote kebahagiaan. Langsung aja deh remote untuk kamera itu berpindah dari tangan ke tangan untuk mencoba.

Jam 3an acara foto-foto kelar. Beres-beres solat ashar trus langsung cabut. Tujuan berikutnya adalah curug luhur. Kalo liat di foto2 yang berseliweran di internet sih ini curug baguuss. Kali ini kami harus jalan agak jauh dan keluar masuk kampung. Di beberapa tempat kami sempat foto-foto.

Lokasi curug ini persis di pinggi jalan. Pas nyampe lokasi agak bengong juga sih. Karna di sana banyak motor dan mobil serta beberapa baliho besar yang menampilkan gambar curug dengan tulisan waterboom.. WHAT……… ternyata itu curug udah di kuasai swasta dan dikomersilkan menjadi seperti layaknya water park modern lain. Hadeeeehhh jd gak recommended lg deh. Bukan ini yang kami cari tapi justru keasrian dan keaslian alamlah yang memgbuat kami ingin datang.

Balik badan, nyetop angkot dan pulang ke Bogor. Sampe bogor dah lewat magrib. Makan malem dulu di sebuah warung tenda pinggir jalan yang letaknya gak jauh dari sebuah mol besar di Bogor. Ayam bakar nya enak loh. Kelar makan, itung-itungan trus lanjut ke stasiun dan pulang ke rumah masing-masing.

foto by: jarvik dan kojek