Jumat, 08 November 2013

4,5 jam yang cukup menyenangkan

Jarum jam menunjukkan pukul 6.30 sore ketika angkot yang kami tumpangi berhenti di terminal bus Guntur. Segera saja kami keluar dan menurunkan barang-barang bawaan, setelah itu apalagi yang dikerjakan selaian mager. Pos keamanan persis di pintu masuk terminal jd sasaran.

Sore itu kami baru saja turun dari gunung Papandayan. Sebuah perjalanan yang sangat menyenangkan. Raut wajah lelah tidak mengurangi kecerian namun apalah daya mager sepertinya sudah mendarah daging. Tiba di pos keamanan, lempar barang2, rebahan lalu mager...

Acara mager nya diisi banyak hal, ada yang tukeran no telp dan berbagai media sosial lain, lesehan, update status, ngecash hp, ngobrol dan ngakak, pokoknya apapun yg bisa dilakukan sambil mager dan mikir soal gimana pulang ke kota masing-masing. Yak, rombongan kami kebetulan berasal dari berbagai kota seperti Jakarta,Bandung dan Jogja.

Teman-teman yang dr Jogja saat itu masih galau, semua tiket kereta dr Jakarta menuju Jogja untuk perjalanan hari berikutnya habis tak bersisa. Naik bus pun rasanya untung-untungan, mengingat tiket belum ada di tangan. Merapat ke sebuah minimarket di depan terminal untuk mencari tau jadwal keberangkatan kereta bandung-jogja pun tdk membuahkan hasil. Pencarian via internet pun jadi solusi.

Di sebuah situs pembelian tiket online. Mereka berhasil mendapatkan 4 tiket kereta Kahuripan Bandung-Jogja untuk esok harinya. Setelah mendapatkan kepastian tiket termasuk tempat menginap, kami pun segera membereskan barang-barang dan cupika-cupiki (gak deh heehhehehehhe kan bukan muhrim), pamitan dong. Kemudian teman-teman mulai meninggalkan terminal menuju bus Garut-Bandung yg katanya terakhir (sumpah ini kalian diboongin, sebenernya bus Garut-Bandung itu banyak baget sampe malem).

Lalu tinggallah saya dan like yang clingak clinguk gak jelas. Daripada mager nya gak ilang-ilang langsung aja angkat ransel lagi, ambil hp yg lg di cash, telepon nyokap buat mengabari (boong deh, ini nyokap yang nelepon) trus jalan ke arah pintu keluar terminal.

Sampe di TKP malah ketemu sama bus yang ditumpangi teman-teman, ternyata masih ngetem, sempet ngeliat gery turun buat beli "obat pinter" nya trus deli juga turun nyamperin gw n like buat make sure bahwa kita aman dan kita tau mau ngapain selanjutnya. eh tapi ini gak berlangsung lama, soalnya bus mereka tiba-tiba punya inisiatip untuk jalan, dan ngakaklah gw ngeliat gery dan deli lari-lari ngejar bus mereka.

Oke lanjut berkeliaran buat nyari info seputar jawal bus ke Jakarta. Menurut salah satu calo, bus karunia bakti ada yang berangkat jam 8 malam dan akan ada setiap satu jam sekali sampai jam 12. Berhubung masih jam 7 jadi kami masuk ke dalam terminal. Iseng aja, sapa tau ada bus yang tiba-tiba mau jalan ke jakarta.

Sampai di dalam terminal kami menuju jalur bus jurusan Garut - Lebak bulus (kebetulan lewat uki, jd Like bs turun di Uki). lg sibuk clingak-clinguk nyari sopir busnya, kami di teriaki segerombolan orang dr jalur sebelahnya (gak deh, cuma 6 orang kok), langsung saja kami samperin. Ternyata mereka adalah rombongan pendaki yang juga sedang menunggu bus ke arah Jakarta dan mengajak untuk bareng saja. Kebetulan saat itu memang ada sebuah bus yang jurusan Garut-Kp. Rambutan. Hanya saja masih harus menunggu. kata si supir busnya sih mereka masih menunggu rombongan sebanyak 25 orang. Oke kalau begitu mari menunggu. ransel kami masukan ke bagasi dan selebihnya kami ngobrol-ngobrol santai di luar bus. Kebetulan lagi mereka sudah belanja oleh-oleh.. lumayan ada cemilan.

Satu jam berlalu tanpa kejelasan... setengah jam berikutnya makin gelisah, sibuk nanya ke pak supir kapan berangkatnya. Mungkin karna capek jawab pertanyaan, kami diminta untuk naik kedalam bus, dan bus pun mulai jalan pelan-pelan ke pintu keluar terminal. Anehnya itu yang katanya rombongan 25 orang gak dateng2 juga. Sampe pintu keluar terminal, busnya ngetem lagi.. dan kami mamam cemilan lagi... tiba-tiba si supir bus masuk dan bilang gini "mohon maaf ke semua penumpang, bus ini tidak dapat di jalankan karena ada kerusakan pada rem, jadi silahkan turun" . Udah gitu aja, penumpang disuruh turun, bagasi dikeluarin semua dan busnya pergi begitu saja .. dan kita bengong aja..... ya udahlah mari terima nasib.. mau marah juga percuma kan yah, soalnya busnya itu udah gak tau kemana juga.

Bingung mau ngapain, akhirnya memutuskan untuk beli oleh-oleh khas Garut aja. Kebetulan di sekitar terminal masih banyak warung pinggir jalan yang menjajakkan dodol garut. Langsung aja beli sekilo buat sesajen di rumah, biar besok-besok dibolehin jalan-jalan lagi sama nyokap.

Kelar belanja langsung balik ke pos keamanan di pintu keluar terminal. Kebetulan teman-teman pendaki lain juga kumpulnya disana. Kami mendapatkan 2 orang teman lagi yang baru saja turun dari gunung guntur dan kehabisan bus juga. Taro ransel, duduk rebahan trus ngobrol-ngobrol seru.

Adalah bang ***** (lupa namanya, inget2 dulu), si pemimpin rombongan pendaki yang 6 orang itu. Ia tinggal di sekitar cipinang dan pada awalnya jalan ke papandayan cuma sekedar iseng mengisi waktu cuti. Ia jalan seorang diri, namun setiba di garut justru bertemu dengan pejalan-pejalan lain sehingga memutuskan untuk jalan bareng. Banyak hal yang diceritakan oleh beliau, gw sendiri kek sedang mendengarkan dongeng aja. Ia bercerita mengenai mitos di beberapa gunung seperti gunung semeru. Tanjakan cinta. Siapa sih yang tak kenal dengan spot populer di gunung semeru itu. Waktu itu ia memang mendaki bersama teman-teman. Ketika tiba di tanjakan cinta, ia pun mengucapkan harapan dan berjalan tanpa menoleh ke belakang. Tiba di puncak, tak lupa ia teriakan nama gadis impian sekeras-kerasnya. Sekembalinya di Malang, ada seorang tua yang menghampiri dia dan tiba-tiba menyatakan bahwa harapannya itu akan terkabul. Bang***** yang saat itu sedang makan jelas kaget tp ia percaya. Menurutnya omongan orang tua itu seringkali manjur dan benar adanya asal kita juga percaya.

Dua bulan kemudian harapan itu terwujud. Tetiba saja ia punya keberanian untuk menyatakan keinginannya menikah kepada gadis pujaan hati. Sang gadis pun menerima, namun bang ***** malah jadi bingung, karna saat itu posisinya ia baru saja bekerja dna tidka mempunyai tabungan sedikitpun untuk menikah. Tapi emang kalo niatnya sudah baik sih mesti ada aja jalannya. Bos di tempat kerja bang ***** menawarkan sejumlah pinjaman uang yang dapat dicicil sesuai kemampuan. Menikahlah bang *** dengan sederhana dan bertahan sampai saat ini.

Asik-asiknya ngobrol, tetiba calo terminal memberitahukan bahwa akan ada bus jurusan kalideres yang akan datang, kami pun segera berdiri dan melihat situasi. Yah kalaupun tidak sampe Kp. rambutan setidaknya kami bergerak lah. Namun apa daya, bus dengan jurusan singaparna-kalideres itu penuh banget. Ya udah balik ngobrol lagi aja.

Sekitar jam 10.00 ada pemberitahuan lagi bahwa akan ada bus jurusan singaparna - kp. rambutan. kami pun segera mengatur stategi. Kami bersepuluh, dan yang wnaita ada 4, jadi nanti yang wanita akan mengurus bagasi sedangkan para pria akan langsung masuk ke bus dan mencari tempat duduk. Hal ini dilakkan karna takutnya emang harus berebutan. tempat duduknya nanti yang 4 akan diberikan ke yang wanita dan yang dua akan dipakai bergantian. Strateginya sih udah manteb cuma ya tetep aja pas busnya dateng udah penuh. Jangankan dapet kursi, masuk ke bus aja susah.

Jam 10.30 rio dan salah satu temannya memutuskan untuk hitc hike. istilah yang digunakan oleh mereka adalah ngebm. Tapi usaha ini pun tak berhasil karena memang jalanan di depan terminal sepi banget.

Jam 10.45 rombongan udah bener-bener mager. akhirnya diputuskan untuk menunggu bus primajasa saja yang jadwal keberangkatannya jam 1 atau jam 2 malam. sambil menunggu kami pun bergerak ke arah masjid untuk merebahkan diri. Saat itu like malah berinisiatif untuk masuk ke dalam terminal untuk melihat situasi dan gw menunggu dipintu keluar sedangkan yang lain merapat ke masjid. Tiba-tiba like datang membawa kabar baik, kalau ternyata di dalam terminal sudah tersedia satu bus karunia bakti yang akan diberangkatkan ke kp. rambutan. Namun kondisinya sudah banyak penumpang didalam. Like menemui pak supirnya dan memesan 10 seat untuk kami, sedangkan gw langsung lari ke arah masjid dan memberitahukan kepada teman-teman berita baik ini.

Jam 11.00 kami berangkat meninggalkan terminal garut dan tiba di Kp. rambutan sekitar jam 2 pagi. Ini adalah 4.5 jam yang cukup menyenangkan buat gw. Ketemu temen-temen yang asik dan yah anggap aja kejadian kek gini bagian dari seni perjalanan. Di nikmatin aja, dan ternyata emang asik kok. Bertemu dengan orang-orang baru, bertukar cerita hingga kadang ada hal-hal yang justru bisa bermanfaat buat kita.